Selasa, 01 Agustus 2023

Basic Manners


Pengertian Basic Manners

            Belakangan ini penggunaaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan semakin luas dan banyak menggunakan kata-kata yang jarang digunakan. Hal ini terkadang membuat kita tidak mengerti maksud dari kata-kata tersebut, seperti halnya penggunaan kata manners. Penggunaan kata-kata tersebut bisa saja kalian lihat di dunia nyata maupun di dunia maya seperti di sosial media Instagram, Facebook, Twitter atau di aplikasi berbasis chat seperti Line, WhatsApp, dan lain sebagainya.


Namun, apakah kalian mengetahui arti kata manners yang sebenarnya? Berikut ini adalah penjelasan dari arti kata manners berdasarkan Kamus Bahasa Inggris–Indonesia Daring supaya kalian paham dalam membaca suatu kalimat yang mengandung kata tersebut. 

Dengan mengetahui banyak kosakata dapat memudahkan kalian dalam berkomunikasi maupun menyampaikan pendapat yang ingin kalian sampaikan kepada orang tertentu. Seperti itulah penjelasan mengenai arti kata manners. Semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai kosakata tersebut. 

Basic manners atau tata krama dasar adalah perilaku baik seseorang terhadap orang lain yang ada di sekitarnya. Seseorang dengan basic manners yang baik akan memiliki kehidupan sosial yang baik pula. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajarkan basic manners kepada anaknya sejak dini sebagai bekalnya dalam bergaul kelak. Ada beragam perilaku yang termasuk basic manners. Beberapa di antaranya yang perlu diketahui oleh anak meliputi:

1.Meminta Tolong Dan Mengucapkan Terima Kasih 

Salah satu tata krama yang perlu diajarkan orang tua kepada anaknya adalah cara untuk minta tolong dengan baik dan menguncapkan terima kasih setelah dibantu oleh orang lain. Orang tua harus menjadi contoh dengan mengucapkan hal yang sama saat meminta tolong kepada sang anak.

Sebagai contoh, saat kalian meminta anak untuk menaruh mainannya, gunakanlah kata “tolong ditaruh dulu ya, nak”, lalu setelah anak menaruh mainannya, jangan lupa untuk mengucapkan kata “terima kasih”. Jika dilakukan setiap hari, lama-kelamaan anak-anak akan mengikuti kebiasaan ini. Jangan lupa juga untuk memberikan penjelasan mengenai pentingnya kata tolong dan terima kasih. 

2.Menyapa Orang Lain Dengan Baik

Menyapa orang lain dengan baik adalah salah satu basic manners yang penting dikuasi oleh anak-anak. Saat bertemu dengan teman, saudara, atau orang lain yang belum dia kenal, mereka harus tahu cara menyapa yang baik. Ajarkan anak untuk menggunakan kata-kata yang sopan, terutama jika yang disapa adalah orang yang lebih tua.

Selain itu, ajarkan pula kepada anak untuk menatap mata lawan bicaranya saat mengobrol. Jika memungkinkan, ajarkan pula mereka untuk berjabat tangan dengan orang yang baru dia kenal. Cara terbaik untuk menerapkan tata krama ini adalah dengan mempraktikkannya sambil bermain role play atau berpura-pura sedang bertemu orang lain

3.Meminta Izin Sebelum Mengambil Sesuatu

Anak harus belajar bahwa tidak semua barang boleh dia ambil begitu saja. Saat dia melihat sesuatu yang ingin disentuh, dimakan, atau diambil, anak harus diajarkan untuk meminta izin terlebih dahulu. Setelah berhasil mendapatkan sesuatu yang dia inginkan, mereka juga harus diajarkan untuk mengucapkan terima kasih

4.Meminta Maaf Ketika Melakukan Kesalahan

Selain meminta tolong dan mengucapkan terima kasih, basic manners selanjutnya yang harus diketahui anak adalah cara meminta maaf yang baik. Ketika melakukan kesalahan, anak harus diajarkan untuk jujur mengakuinya dan meminta maaf. 

5.Tidak Menertawai Atau Menghina Orang Lain

Anak mungkin saja mendengar kata-kata ledekan dari lingkungan atau dari acara televisi maupun video yang dia tonton, lalu menganggapnya boleh dilakukan. Untuk mencegah hal tersebut, orang tua harus memastikan bahwa buah hatinya mengetahui basic manners untuk tidak meledek, menertawai, atau menghina orang lain. 

Jika mereka dibiarkan meledek orang lain dengan dalih bercanda, padahal candaan tersebut menyakiti hati orang lain, perilaku ini lama-kelamaan bisa mengarah kepada bullying. Ajarkan kepada anak bahwa menyakiti perasaan orang lain adalah perbuatan yang tidak baik dan harus dihindari

6.Membantu Orang Lain 

Membantu orang lain adalah basic manners yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Ajarkan anak untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya. Ini bisa memupuk rasa empati kepada anak dan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang tidak egois. Kalian bisa mulai dengan membiasakan anak untuk membantu pekerjaan rumah, seperti membereskan mainannya sendiri atau meminjamkan barangnya kepada orang lain yang membutuhkannya. 

7.Cara Berkomunikasi Yang Baik Dengan Teman Sebaya

Anak harus diajarkan basic manners saat sedang bermain dengan teman sebayanya. Dengan demikian, dia bisa bergaul dengan baik dan membuat teman-temannya merasa nyaman. Biasakan anak untuk berbicara dengan tenang, tidak berteriak, dan mengucapkan keinginan atau maksud perkataannya dengan jelas. Saat berkumpul dengan teman sebaya, penting juga mengajarkan rasa sabar kepada anak, sehingga dia mau bergantian saat bermain. 

8.Duduk Ketika Makan Dan Minum 

Kalian mungkin akan beratus-ratus kali untuk mengajarkan hal yang satu ini. Susahnya ampun-ampunan. Kalau makan berat, dia memang duduk, tetapi kalau misalnya makan camilan atau minum itu pasti sambil lari ke mana-mana. Mereka baru akan menurut disuruh duduk kalau sedang makan es batu aja. Sisanya, mereka akan berlarian ke mana-mana. 

9.Masuk Ke Rumah Orang Jika Sudah Dipersilahkan 

Basic manners yang berpengaruh dan membentuk kepribadian anakmu dengan baik ialah jika ia terbiasa untuk masuk ke rumah orang lain jika sudah dipersilakan. Meskipun terlihat sangat sepele, namun ini sangat berdampak besar hingga ia dewasa. Ia jadi paham bahwa selain di rumahnya sendiri dia tidak bisa bersikap sembarangan, dan memang hal ini adalah dasar dari kesopanan. 

10.Saat Sudah Meminjam Atau Meminta Sesuatu Lebih Dari Tiga Kali Waktunya Membeli Sendiri

Sebagai manusia, kita pasti hidup yang penuh keterbatasan, pinjam meminjam bukanlah hal yang asing untuk dilakukan. Terkadang kita meminjam bahkan meminta sesuatu milik orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita. Ketika kamu telah meminjam sebanyak tiga kali, sudah seharusnya kamu membeli sendiri

Sekian Itu Saja Masih Banyak Lagi Basic Manner Namun Itu Saja Yang Bisa Saya Sharing Untuk Saat Ini Sekian Terimakasih :) 


Dunia ini terlalu kecil untuk orang yang tidak bisa menjaga kualitas pembicaraan dan perilakunya. Orang yang demikian cenderung akan memperoleh balasan yang buruk juga dari orang lain "



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Awal Perubahan

  Langkah Awal Perubahan: Menuju Kehidupan yang Lebih Bermakna - Pendahuluan - Dalam perjalanan hidup, ada saat-saat ketika kita...