Senin, 31 Juli 2023

Filosofi Ikigai


 Ikigai ( Alasan Untuk Hidup) 

Ikigai merupakan sebuah filosofi hidup orang Jepang untuk mencari makna atau tujuan hidup. Istilah ini berasal dari dua kata “iki” dan “kai” yang memiliki arti “alasan untuk hidup”, “makna kehidupan”, atau “apa yang membuat hidup ini berarti”. 

Ikigai juga kerap digunakan oleh orang Jepang sebagai kata sifat. Jika orang Jepang bilang “merasa ikigai”, itu artinya mereka merasa telah menemukan makna kehidupan yang sesungguhnya, atau mencapai tujuan hidup mereka. Bagi orang Jepang, prinsip ikigai penting untuk diterapkan supaya kamu memiliki hidup yang bahagia dan berarti. 

Filosofi ikigai sudah ada dalam budaya Jepang sejak dahulu kala. Namun, ikigai mulai populer ketika psikiater Kamiya Mieko menerbitkan buku “On the Meaning of Life” (1966). Sejumlah penulis lain pun mulai mengikuti jejak Kamiya Mieko dengan menerbitkan buku tentang ikigai. Contohnya, ”Ikigai: The Japanese Secret to A Long and Happy Life” (2016) karya Héctor García dan Francesc Miralles, “The Little Book of Ikigai” (2017) karya Ken Mogi, dan “How to Ikigai” (2019) karya Tim Tamashiro. 

Seseorang yang hidup dengan prinsip ikigai diketahui memiliki risiko mengalami gangguan depresi atau kecemasan yang sangat rendah. Sebab, ikigai dapat meningkatkan kepuasan hidup, semangat untuk menjalani rutinitas, serta partisipasi dalam kegiatan sosial.


Beberapa peneliti juga telah melakukan riset seputar filosofi ikigai pada masyarakat Jepang. Hasilnya, ikigai terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Berdasarkan hasil penelitian oleh Sakurako S. Okuzono dkk., ikigai dapat mengurangi risiko mengalami disabilitas fungsional hingga 31%. Selain itu, ikigai juga dapat mengurangi risiko mengalami demensia hingga 36%.


A. 4 Komponen Ikigai

Tahukah kamu bahwa ikigai terdiri dari empat komponen? Mereka adalah passion, mission, profession, dan vocation. Agar bisa mencapai kehidupan yang bermakna, kamu harus bisa menyeimbangkan keempat komponen tersebut.

1.Passion

Komponen passion memuat hal-hal yang kamu cintai dan kuasai. Misalnya, memasak, traveling, membuat scrapbook, dan masih banyak lagi. Kamu tak selalu mendapatkan bayaran atas hal-hal tersebut. Bahkan tak jarang kamu justru harus mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang untuk menjalaninya. Namun, bagimu itu bukan masalah, karena kamu benar-benar mencintai apa yang kamu lakukan. 

2.Mission

Komponen mission terdiri dari hal-hal yang kamu cintai sekaligus bermanfaat bagi orang lain. Misalnya, kamu suka hunting kuliner. Kamu rela pergi ke tempat-tempat jauh dan mengeluarkan banyak uang untuk menjalani hobimu ini. Di satu sisi, hobi kulineranmu membawa dampak positif, karena kamu menambah pemasukan si penjual makanan

3.Profession 

Komponen profession merupakan hal-hal yang kamu kuasai, sekaligus membuatmu dibayar. Umumnya, aspek ini berkaitan dengan karier atau sumber penghasilanmu. Contohnya, kamu bekerja sebagai programmer. Tentunya, kamu menguasai berbagai ilmu dan keterampilan programming. Selain itu, kamu mendapat bayaran dari pekerjaanmu sebagai programmer.

4.Vocation

Komponen vocation adalah hal yang bermanfaat bagi orang lain, sekaligus membuatmu mendapatkan bayaran. Sekilas, komponen ini terlihat sama dengan komponen profession. Bedanya, hal-hal dalam komponen vocation belum tentu kamu sukai.

Contohnya, kamu meneruskan bisnis yang dirintis oleh orang tuamu. Kamu dibayar atas hasil kerjamu, dan apa yang kamu lakukan membawa manfaat bagi orang lain. Namun, sebenarnya kamu nggak menyukai pekerjaanmu. Kamu melakukannya karena nggak ada pilihan untuk nggak meneruskan bisnis keluarga. 

Itulah sekilas mengenai filosofi ikigai dan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkannya. Niscaya hidupmu akan jauh lebih bermakna, bermanfaat, dan bahagia dengan prinsip ikigai.Tetap Semangat Semuanya You Deserve To Be Happy :) 


人生は贈り物であり、人生はより良い人間になるための特権、機会、責任を私たちに与えてくれます.


" Jinsei wa okurimonodeari, jinsei wa yoriyoi ningen ni naru tame no tokken, kikai, sekinin o watashitachi ni ataete kuremasu."

Artinya: Hidup adalah sebuah pemberian, dan hidup memberikan kita keistimewaan, kesempatan, dan tanggungjawab untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Sekian Dan Terimakasih Jangan Lupa Untuk Share Blog Ini Karena Itu Merupakan Terimakasih Bagi Saya :v


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Awal Perubahan

  Langkah Awal Perubahan: Menuju Kehidupan yang Lebih Bermakna - Pendahuluan - Dalam perjalanan hidup, ada saat-saat ketika kita...